: KKP Kelas I Tanjung Priok...Berkomitment sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WB) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)....mariii kita dukung..!!

Jumat, 02 Januari 2015

PERINGATAN BULAN KESEHATAN, HARI AIDS SEDUNIA, PENYERAHAN DUPLIKAT PELABUHAN SEHAT di Pelabuhan Tanjung Priok Tahun 2014

Pelaksanaan Hari Aids Sedunia, Bulan Kesehatan, Pemberian Duplikat Pelabuhan Sehat dan Pelaksanaan PSN ( Pembasmian Sarang Nyamuk0 di Pelabuhan Tanjung Priok dibuka dengan laporan ketua Panitia Brata Sugema dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok.

Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Wahyu Widayat Dalam sambutannya mengatakan pelabuhan Priok merupakan pintu gerbang perekonomian nasional dengan lebih 70% lalu lintas ekspor impor dan antar pulau melalu pelabuhan ini. Sebagai pintu gerbang, tentunya Pelabuhan Priok rentan terhadap masuknya wabah penyakit jika tidak diproteksi secara aktif oleh masyarakat dan stakeholders terkait di pelabuhan Priok.

Beliau mengatakan juga penghargaan Pelabuhan Sehat dari Kemenkes ini merupakan yang keduakalinya diraih Pelabuhan Tanjung Priok, sebagai wujud nyata keseriusan seluruh pihak di Pelabuhan dalam mengendalikan penyakit menular.  Hal ini bertepatan dalam rangka peringatan hari AIDS sedunia, dan program pemberantasan sarang nyamuk oleh Komite Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan (K2L) Pelabuhan Tanjung Priok."Kami sangat mengapresiasi kerja keras yang sudah dilakukan oleh seluruh stakeholder Priok sehingga meraih Pelabuhan sehat 2014 kategori pelabuhan laut," ucapnya.

Pelaksanaan pemberantasan sarang nyamuk oleh Komite Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan (K2L) Pelabuhan Tanjung Priok ini dilaksanakan sebelum acara dimulai meliputi wilayah pelabuhan terminal penumpang nusantara pura oleh stake holder dan anggota K2L Pelabuhan Tanjung Priok. Seperti biasanya pengaturan grup atau kelompok dilakukan untuk melakukan PSN sesuai lokasi yang telah ditentukan yang terbagi 5 (lima) kelompok


Sebagai pelabuhan laut kelas dunia, membenahi Pelabuhan Priok sangatlah tidak mudah, terutama dalam hal mencegah masuknya penyakit menular melalui pelabuhan sebagai pintu masuk negara.

Sesditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan,  Made Wismarini, mengatakan ancaman dan bahaya penyakit menular seperti HIV Aids sudah menjadi masalah global. Melalui peringatan Hari AIDS Sedunia beliau mengajak semua pihak yang berkompeten untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap ancaman bahaya yang serius ini. Kegiatan yang paling utama yang harus dilakukan adalah memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat melalui penyuluhan-penyuluhan dengan menggunakan sarana dan prasarana yang tersedia. Pada kesempatan ini beliau mengingatkan kembali untuk menghindari pencegahan penularan HIV / AIDS yaitu dengan :
  1. Tidak berhubungan Seks; 
  2. Selalu setia pada pasangan; 
  3. Gunakan kondom disetiap hubungan seks bagi yang berisiko; 
  4. dan jauhi narkoba.
Pada kesempatan ini beliau juga mengucapkan selamat kepada Pelabuhan Tanjung Priok yang telah memperoleh penghargaan Pelabuhan Sehat pada hari Kesehatan Nasional ke-50 tahun 2014 yang penghargaannya diserahkan langsung oleh Ibu Menteri Kesehatan pada tanggal 26 November yang lalu di gedung Auditorium Swabessy Kementerian Kesehatan yang juga rangkaian dari Hari Kesehatan Nasional.


Selanjutnya Sesditjen penyerahan Duplikat Penghargaan “Pelabuhan Sehat 2014” kepada 10 Instansi yang ada di lingkungan Pelabuhan;
  1. Kantor Kesyahbandaran utama Tanjung Priok; 
  2. Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok ; 
  3. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok; 
  4. Kantor Pelayanan Umum dan Bea Cukai Tanjung Priok; 
  5. Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok; 
  6. Balai Meterologi dan Klimatologi Geofisika; 
  7. Kantor Imigrasi Tanjung Priok  
  8. Polres Pelabuhan Tanjung Priok; 
  9. Koserma Tanjung Priok ; 
  10. Dit. Bekang Angkatan Darat Tanjung Priok.

Acara diisi pula dengan estimoni pengalaman penderita ODHA tentang pencegahan dan penularan HIV agar terhindar dari Penyakit tersebut.

Seperti biasanya setiap acara tidak lepas pencari berita akan mewawancari nara sumber dalam hal ini Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok RBAW Widjonarko


Selain hiburan sebagai pelengkap acara ini ada pula Doorprize berupa Helm K2L dan jaket K2L yang dibagikan kepada para peserta acara dan undangan

Dan Acara hiburannya adalah Organ tunggal dengan para vokalisnya adalah peserta sendiri

Cupilkan Video :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan atau komentar dengan sopan, terima kasih sudah berkunjung